Skip to main content

IMAGE GALLERY PADA CODEIGNITER

IMAGE GALLERY 

Pada CodeIgniter untuk membuat image gallery dapat menggunakan library upload. Untuk memanggil library tersebut seperti berikut $this->load->library(array('upload'));.
Gambar dapat diresize dengan library image_lib.
Sebelum menggunakan library tersebut terlebih dahulu harus melakukan configurasi, berikut ini konfigurasinya :
$config['upload_path'] = APPPATH . 'uploads/';  ini menunjukkan file disimpan pada direktori, ‘uploads’ merupakan nama folder penyimpanan.
$config['allowed_types'] = 'jpeg|jpg|gif|png'; untuk menentukan type dari file yang akan diupload. Tujuan penentuan tipe untuk keamanan.
$config['max_size'] = '1024'; untuk memberikan ukuran file maksimal.
$this->upload->initialize($config); untuk melakukan inisialisasi.
Library tersebut disetting pada controller.
Setelah melakukan setting library langkah selanjutnya memanggil fungsi do_upload untuk mengupload file yang dimasukkan user.
if ( ! $this->upload->do_upload())

{
//gagal mengupload file & error menyimpan error message dalam
//variabel erro
$error = array('error' => $this->upload->display_errors());
}
else
{
//sukses mengupload file & informasi file disimpan dalam
// variabel data
$data = array('upload_data' => $this->upload->data());
}

Langkah – langkah membuat image gallery :
1.      Buat folder tempat upload image (data asli) dan thumbnail semacam album, jika diupload pada halaman depan akan ringan karena file sudah diresize.
2.      Ubah setting CI di application/config/config.php, setting yang sudah diubah adalah $config['base_url'].
3.      Buat controller image gallery.
4.      Buat model image gallery dengan menggunakan helper untuk mempermudah membaca gambar yang sudah diupload.
5.      Buat image view gallery, dengan 2 komponen yaitu view untuk upload dan view untuk menampilkan file yang sudah diupload.

Berikut adalah contoh sederhana membuat image gallery :
Pertama buat folder untuk menyimpan image dan thumbnailnya .


Buat controller dengan nama imagegal.php, pada controller akan dilakukan setting konfigurasi library.




Keterangan gambar :
1.    1.  Konfigurasi library.
2.    2.  Memanggil library upload, memanggil model gallery_model dan memanggil helper.
3.     3. Memanggil fungsi do_upload. Jika upload gagal makan akan muncul pesan errornya, tetapi jika upload sukses akan muncul pesan bahwa upload sukses.
Pada $config_resize, new_image merupakan tempat dimana image yang akan ditampilkan pada halaman (thumbnail).
4.     4. Memanggil library image_lib untuk meresize gambar. Jika saat melakukan resize gambar terjadi error akan muncul pesan error.
5.      5.Memasukkan file yang sudah diupload di gallery_model yang akan disimpan pada folder upload_image yang sudah dibuat diawal tadi.

Kemudian membuat model dengan nama gallery_model.php :

Membuat view dengan nama view_gallery.php :


Hasil running seperti berikut :












Comments

Popular posts from this blog

TRIK MUDAH JADIKAN SMARTPHONE / ANDROID JADI DRAWING PAD/PEN TABLET

Punya hobi menggambar? kamu tidak perlu buru-buru beli drawing pad, manfaatkan saja smartphone yang kamu miliki. Yap bagi kalian yang suka mendesain pasti tahu apa itu drawing pad, drawing pad adalah hardware untuk menggambar dengan tangan atau stylus pen, hasil gambar dapat dilihat didalam layar komputer, seperti menggambar manual menggunakan pensil. Trik mudah untuk mengubah smartphone menjadi drawing pad : 1. Download Aplikasi Spacedesk di smartphone, kalian bisa langsung download di playstore. 2. Download Aplikasi Spacedesk Server untuk komputer/laptop, dapat di donwload pada link berikut https://spacedesk.net/ 3. Install dilaptop dan smartphone kalian. 4. Setelah terinstall hubungkan kedua perangkat, bisa menggunakan kabel usb dengan mode develop, dan juga menggunakan 1 jaringan yang sama. 5. Buka aplikasi di kedua perangkat. 6. Kemudian saat kedua perangkat sudah terhubung -> Connect to Primary Machine (Server) -> pilih IP laptop anda. Smartphone sudah dapat dijadikan draw

Tutorial Mudah Mengubah Warna Cell Dengan Checkbox Spreadsheet

Cara mudah untuk mengubah warna cell dengan pengecekan jika checkbox -> checked maka cell akan berubah warna.  1. Buat tabel dengan beberapa kolom Tabel Data 2. Pilih menu ->   Sisipkan->kotak centang 3. Pilih menu   Format->format bersayarat 4.    Blok cell yang akan diwarna Pilih rentang data-> mulai kolom B baris 2 sampai B7     5.  Pilih format sel ->Formula khususnya adalah -> inputkan cell checkbox ,C2 adalah posisi kolom checkbox kolom C baris 2, rumusnya adalah =C2=TRUE artinya jika checkbox checked = TRUE, jika TRUE set warna kolom nama.     6.  Pilih Gaya pemformatan ->colour ->selesai  Dan hasilnya ketika checkbox di checked maka kolom nama akan berubah warna. Mudah bukan?  d f

Flowchart & Source code Stack pada DevC++

Flowchart & Source code Stack pada DevC++ Flowchart Sourcecode Stack pada DevC++